Simalungun Terapkan Pengelolaan Pajak Hotel dan Restoran Secara Online

Bupati Simalungun JR Saragih menandatangani MoU dengan Bank Sumut, terkait penerapan pajak restoran dan hotel secara online.(Foto/MEDANmerdeka)
Bupati Simalungun JR Saragih menandatangani MoU dengan Bank Sumut, terkait penerapan pajak restoran dan hotel secara online.(Foto/MEDANmerdeka)

SIMALUNGUN – Untuk meningkatkan realisasi PAD, Dinas Pendapatan Pemkab Simalungun bakal menerapkan pengelolaan pajak restoran dan hotel dengan system online.

Kepala Dinas Pendapatan Pemkab Simalungun, Mixnon Andreas Simamora mengatakan penerapan pengelolaan pajak restoran dan hotel sistem online diharapkan mampu meningkatkan PAD sekitar 400%.

Mekanisme kerjanya, sambung Mixnon, di masing-masing restoran maupun hotel akan dipasang alat khusus yang akan mencatat langsung biaya yang dibayarkan saat transaksi. Dan, program ini nantinya akan meminimalisir adanya dugaan kecurangan

Selama ini, sambungnya perolehan pajak restoran sangat minim, karena pendapatan pengusaha atau pengelola tidak bisa dipantau petugas Dinas Pendapatan secara rutin.

“Jika program ini berjalan, maka alat yang dipasang di kasir langsung tercatat secara online,” jelasnya.

Upaya peningkatan pajak daerah tambah Simamora merupakan tindak lanjut saran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan untuk merealisasikanya dalam peningkatan pajak restoran dan hotel.

Pemkab Simalungun sudah melakukan kerjasama atau MoU dengan Bank Sumut,untuk menyiapkan alat yang dibutuhkan dalam mencatat pendapatan restoran dan hotel, Selasa (14/5/2019) kemarin.

Jika nantinya sistim online pengelolaan pajak restoran dan hotel diterapkan diharapkan pendapatan daerah bisa naik dari Rp 1 miliar per tahun menjadi Rp 5 miliar.

Bupati Simalungun JR Saragih sebelumnya mengatakan,pihaknya menargetkan menjadi percontohan dalam pengelolaan  pajak daerah sistem online.

"Pemkab Simalungun akan bergerak cepat dalam penerapan pengelolaan pajak daerah khususnya restoran dan hotel sistem online dan tahun ini juga akan diterapkan untuk menjadi percontohan daerah lain," tegas JR.

Penulis: Davis
Editor: Redaksi

Baca Juga