Suhaimi Kucurkan Rp6 Miliar untuk Beasiswa Mahasiswa

Plt Bupati Labuhan Batu, H. Andi Suhaimi Dalimunthe.(Foto:MEDANmerdeka/Ist)

LABUHAN BATU - Plt Bupati Labuhan Batu, H. Andi Suhaimi Dalimunthe, dinilai konsisten dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di daerahnya, melalui kucuran dana Rp6 miliar untuk program beasiswa bagi generasi muda Labuhan Batu.

“Sebagai elemen generasi muda, kami berterimakasih atas sikap istiqomah Plt Bupati Labuhanbatu yang mengaktifkan kembali program bantuan beasiswa kepada generasi muda. Apalagi program ini sempat terhenti beberapa tahun,” ujar Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Labuhan Batu, Hamzah Saibani, kemarin.

Menurut Hamzah Saibani,  masa depan Labuhanbatu sangat bergantung dengan apa upaya yang dilakukan dalam peningkatan kualitas pemuda. Karenanya, KNPI Labuhanbatu sangat mengapresiasi ketika Plt Bupati mengaktivasi  program beasiswa dan menjadikannya sebagai upaya strategis dalam peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM). Selaras dengan itu, Plt Bupati juga melakukan percepatan dalam peningkatan sarana dan prasarana pendidikan.

“Komitmen Plt Bupati Labuhanbatu dalam proses pengembangan SDM, khususnya bagi kalangan pemuda, akan kita sambut dengan beragam program yang searah,” tukas Hamzah.

Dia berkeyakinan, di tahun aggaran mendatang Pemkab Labuhanbatu akan mengalokasikan dana yang lebih besar untuk program beasiswa. Keyakinan ini sebangun dengan harapan kalangan pemuda dari berbagai organisasi yang berhimpun di KNPI Labuhan Batu.

“Memang, dana Rp6 miliar itu tidaklah bisa dibilang kecil. Untuk tahap awal, bahkan kita memandang angka itu cukup besar. Ke depannya, kita sangat berharap Plt Bupati bisa mendorong dialokasikannya anggaran yang lebih besar,” tambahnya.

Selain dari pos anggaran pendapatan dan belanja daerah, Hamzah berharap Pemkab Labuhanbatu dapat mendorong kalangan usaha untuk menyalurkan dana corporate social responsibility (CSR) dalam bentuk beasiswa. “Program strategis seperti ini sangat dibutuhkan di Labuhanbatu, jika kita mau secara jernih melihat situasi terkini,” tukasnya pula.

Ditekannya, pembangunan infrastruktur memang penting untuk percepatan kemajuan daerah. Tapi, Pengembangan aspek pendidikan jauh lebih penting dalam upaya membangun mental dan pola fikir masyarakat, khususnya generasi muda.

Hamzah berharap, ke depannya program ini terus dijalankan dan bukan hanya menyasar pada lulusan SMA untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Ada bagusnya, beasiswa disalurkan untuk semua jenjang pendidikan.

“Bila memungkinkan, kawan-kawan pemuda yang sudah lulus S1 dan melanjutkan ke S2 juga dapat menerima beasiswa. Tidak perlu semuanya ditanggung, tetapi setidaknya ada bantuan dari pemerintah," pungkasnya.

Diketahui, Pemkab Labuhanbatu tahun ini mengalokasikan anggaran Rp6 miliar untuk beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu dan bantuan bagi enam mahasiswa yang belajar ke Kairo, Mesir.

Pelaksanaannya dipayungi Peraturan Daerah Kabupaten Labuhanbatu Nomor 06 Tahun 2019 Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) TA 2019. Selain itu, diperkuat dengan Peraturan Bupati Labuhanbatu Nomor 37 Tahun 2019 tentang Penjabaran APBD TA 2019.

Penulis: Agung
Editor: Redaksi

Baca Juga