7 Fraksi DPRD Tapsel Terbentuk, Ini Komposisinya

TAPSEL - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) resmi memiliki 7 (tujuh) fraksi. Penetapan disahkan dalam rapat paripurna dewan yang dipimpin Ketua DPRD Sementara, Husin Sogot Simatupang, di Aula Gedung DPRD setempat Jalan Lafran Pane, Sipirok, Rabu (4/9/2018) kemarin.

Sekwan DPRD Tapanuli Selatan Darwin Dalimunthe, mengatakan, komposisinya enam fraksi murni dan satu fraksi gabungan.

Adapun ke 7 fraksi DPRD Tapsel priode 2019 - 2024 yaitu, Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Fraksi Gerindra) diketuai, Dolly Putra Parlindungan Pasaribu, Fraksi Golongan Karya (Fraksi Golkar) diketuai, Ali Adanan Nasution, Fraksi Partai Amanat Nasional (Fraksi PAN) diketuai, Buyung M Holil.

Kemudian, Fraksi Nasional Demokrat (Fraksi Nasdem) diketuai, Ledy Namarina, Fraksi Hati Nurani Rakyat (Fraksi Hanura) diketuai, Muhammad Faisal Siregar, Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (Fraksi PPP) diketuai, OK Hazmi Usman Siregar dan Fraksi Perjuangan Demokrat Bangsa (Fraksi Gabungan) diketuai, Andi Jaka Sipahutar.

"Alhamdulillah, pembentukan fraksi sudah selesai. Kini, DPRD Tapsel sudah resmi memiliki 7 fraksi. Mudah - mudahan, DPRD bisa segera melanjutkan dan melaksanakan agenda lain di DPRD," kata Husin Sogot.

Dijelaskannya, pembentukan fraksi DPRD mengacu pada PP 12/2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi dan kabupaten/kota.

Dimana, pada pasal 120 ayat (7) menyebutkan, pembentukan fraksi dilaporkan kepada pimpinan DPRD untuk diumumkan pada rapat paripurna.

Selanjutnya, pada pasal 122 ayat (3) disebutkan, pimpinan fraksi yang telah terbentuk dilaporkan kepada pimpinan DPRD dan untuk diumumkan dalam rapat paripurna. "Itulah dasar hukum pembentukan fraksi dan pimpinan fraksi. Dan hari ini, semua mekanisme itu sudah dilaksanakan," jelasnya.

Ditambahkannya, untuk penentuan struktur fraksi (ketua,sekretaris,bendahara dan anggota) merupakan domain partai politik. Dimana, setiap pimpinan partai politik mengusulkan susunan komposisi faksi partainya masing-masing ke pimpinan DPRD.

Selanjutnya, usulan itu diproses Sekretaris DPRD dan mengagendakan rapat paripurna penetapan dan pengesahan seperti yang laksanakan saat ini.

Rapat paripurna dewan yang dipimpin Ketua Sementara, Husin Sogot Simatupang berjalan tertib. Setelah rapat dibuka, Sekretaris DPRD, Darwin Dalimunthe membacakan surat masuk dari pimpinan parpol berupa nama fraksi dan strukturnya.

Setelah usulan itu dibacakan dan mendapat persetujuan dari seluruh anggota DPRD, pimpinan rapat langsung mengetuk palu. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan SK fraksi yang disaksikan ketua-ketua fraksi dan sekretaris DPRD.

Baca Juga