Alat Kelengkapan DPRD Tapsel Terbentuk

Sidang paripurna DPRD Tapsel digelar dengan agenda pembentukan alat kelengkapan dewan, yang dipimpin Ketua DPRD Husin Songot Simatupang, Jumat (18/10/2019). (Foto:MEDANmerdeka/Ginting)

TAPSEL – Sidang paripurna DPRD Tapsel digelar dengan agenda pembentukan alat kelengkapan dewan, yang dipimpin Ketua DPRD Husin Songot Simatupang, Jumat (18/10/2019).

"Alhamdulillah, pembentukan alat kelengkapan sudah selesai. Kini, DPRD Tapsel sudah resmi memiliki alat kelengkapan. Mudah - mudahan, DPRD bisa segera melanjutkan dan melaksanakan agenda lain di DPRD," kata Sogot.

Pembentukan alat kelengkapan DPRD mengacu serta menindaklanjuti hasil rapat konsultasi Pimpinan DPRD dengan ketua - ketua fraksi DPRD Tapsel pada 17 Oktober 2019 sebagai tindak lanjut ketentuan pasal 31 ayat ( 6 ) PP No 12 Tahun 2018 tentang pedoman penyusunan tata tertib  DPRD Provinsi dan kabupaten/kota. Dimana, pada pasal 31 ayat (6) menyebutkan, pembentukan alat kelengkapan ditetapkan dengan keputusan DPRD.

Selanjutnya, ketentuan tersebut ditindak lanjuti dengan dilaksanakannya rapat paripurna hari ini berdasarkan surat undangan Pimpinan DPRD Nomor : 170/ 1036/2019 17 Oktober 2019 hal undangan rapat paripurna dalam rangka pembentukan alat kelengkapan DPRD Kabupaten Tapanuli Selatan.

Ditambahkannya, untuk penentuan struktur alat kelengkapan (ketua, sekretaris, bendahara dan anggota) merupakan domain fraksi - fraksi untuk mengajukan susunan anggotanya dalam Komisi - komisi, Badan Anggaran, Badan Musyawarah, Badan Pembentukan Peraturan Daerah ( BAPEMPERDA ), dan Badan Kehormatan, kepada pimpinan DPRD untuk ditetapkan dalam rapat paripurna.

Setelah Komisi - komisi, BAPEMPERDA, Badan Kehormatan DPRD telah menyampaikan hasil pelaksanaan rapat pemilihan Pimpinan Komisi - komisi, Pimpinan BAPEMPERDA dan Pimpinan Badan Kehormatan DPRD Kabupaten Tapanuli Selatan. Selanjutnya, usulan itu diproses.

Rapat paripurna dewan yang dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Tapanuli Selatan, Husin Sogot Simatupang berjalan tertib. Sidang paripurna dihadiri 35 anggota dewan. Setelah rapat dibuka, Sekretaris DPRD, Darwin Dalimunthe membacakan surat masuk dari pimpinan komisi - komisi berupa nama  alat kelengkapan DPRD dan strukturnya.

Setelah usulan itu dibacakan dan mendapat persetujuan dari seluruh anggota DPRD, pimpinan rapat langsung mengetuk palu. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan SK alat kelengkapan DPRD yang disaksikan ketua-ketua komisi dan sekretaris DPRD.

Adapun alat kelengkapan dewan yang terbentuk:

  • Ketua Komisi A: Rocky Anugrah Parlindungan Gultom, SH (Gerindra)
  • Ketua Komisi B :  Andes Mar Siregar, S.Kom  (Golkar)
  • Ketua Komis C :  Sylvan Rachmad Amin Siregar, S. Hut (PAN).
  • Ketua Banggar dan Banmus: Husin Sogot Simatupang  (Gerindra)
  • Ketua Badan Pembentukan Perda: Eddi Sullam Siregar (Nasdem)
  • Ketua Badan Kehormatan: Bontor Panjaitan (Hanura).

Baca Juga