Bupati Tapsel: Ulama & Santri Berperan Penting dalam Merebut Kemerdekaan

Medanmerdeka.com – Bupati Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Syahrul M Pasaribu, mengajak ribuan santri yang menghadiri kegiatan peringatan Hari Santri Nasional, di lapangan Sipirok, sekaligis mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi)

Ajakan Syahrul itu bukan tanpa alasan. Sebab, Jokowi selaku presiden mengeluarkan keputusan presiden (keppres) nomor 22/2015, tentang hari santri.

“Keppres ditandatangani beliau pada 22 Oktober 2015, sehingga setiap tahun tepatnya pada tanggal penandatanganan keppres itu diperingati Hari Santri Nasional,” kata Syahrul, Senin (22/10/2018)

Syahrul menjelaskan, jika mengingat sejarah, resolusi jihad yang digagas oleh warga Nahdatul Ulama (NU) pada 22 Oktober 1945, di Surabaya, menjadi embrio lahirnya hari pahlawan nasional yang setiap tahunnya diperingati oleh bangsa Indonesia

Peran ulama dan para santri untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan tidak bisa dikesampingkan. Sebagai salah satu bukti peran mereka untuk mempertahankan kemerdekaan adalah dengan lahirnya resolusi jihad.”Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarahnya,”tandasnya.(thoriq/mm)

Comment