Charoen Pokphand Foundation Indonesia Gelar Pelatihan Bakti Pada Guru

PERBAUNGAN - Pemkab Serdang Bedagai bersama Charoen Pokphand Foundation Indonesia (CPFI) menggelar pelatihan Bakti Pada Guru Pendidikan Penguatan Karakter Guru "IDEAL" dengan narasumber dari Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Selasa (19/3/2019).

Kegiatan yang berlangusng selama tanggal 19 hingga 20 Maret 2019, diikuti 55 guru SDH dan SMP sederajat se-Kabupaten Sergai, di Kecamatan Perbaungan.

Tampak hadir mengikuti rangkaian acara Bupati Sergai Ir H Soekirman, Kadisdik Sergai Drs Joni Walker Manik MM,  Regional Head Sumbagut Charoen Phokpand Agus Saputra, Sekjend CPFI Andi Magdalena Siadari, Sekretaris Akademik Fak Psikologi Undip Imam Setiawan, peserta pelatihan Pendidikan Penguatan Karakter sebanyak 56 orang guru tingkat SD dan SMP.

Dikatakan Soekirman, program ini diharapkan menjadikan para guru IDEAL (Inspiratif, Dedikatif, Empatik, BerAkhlak Mulia, dan Berbudi Luhur).

Tentunya, dengan hadirnya para pakar pendidikan, akan menciptakan guru IDEAL sehingga menghasilakan anak didik yang berbudi luhur

Sebelumnya Head Region Sumbagut PT Charoen Pokphand Agus Saputra didampingi Sekjend CPFI Andi Magdalena Siadari mengatakan, progam Bakti Pada Guru  ini diharapkan dapat mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran di kelas dan mampu mengelola manajemen kelas.

Pembinaan oleh Guru akan menjadi teladan utama pembentukan karakter generasi muda dalam usia mencari jati dirinya.

Dengan penguatan pendidikan karakter, generasi muda akan bisa memiliki jiwa kejuangan dan nilai-nilai identitas nasional yang kokoh dan terpatri sepanjang hayat dalam rangka menyongsong Generasi Emas Indonesia tahun 2045.

CPFI merupakan lembaga sosial yang mewadahi perusahaan kami dalam mendistribusikan program CSR. Keseluruhan program CSR PT Charoen Pokphand meski persentase usahanya bidang peternakan, namun 80 persen CSR kami di bidang pendidikan.

"Kami berkomitmen dengan dedikasi memajukan dunia pendidikan berkarakter dapat meningkatkan taraf hidup ekonomi akan menjadi lebih baik," ujarnya.

Sementara Kadisdik Sergai Drs. Joni Walker Manik MM mengatakan, bahwa pendidikan guru berkarakter ini sudah dilaksanakan di Kabupaten Serdang Bedagai sejak tahun 2016 lalu.  Masa itu Disdik Sergai meraih rekor MURI dengan peserta sebanyak 3600 orang terdiri dari Komite Sekolah, guru-guru dan lain-lain. Untuk ini kami berbangga hati Pokphand melaksanakan pelatihan Bakti Pada Guru. Guru yang mengikuti pelatihan sebanyak 33 orang guru SD dan 23 orang guru SMP", ungkap Kadisdik.

Sekretaris Akademik Fakultas Psikologi UNDIP Imam Setiawan menyampaikan ucapan terimakasih Pada PT Charoen Pokphand yang sudah memberikan kepercayaan pada Fakultas Psikologi UNDIP dalam mengembangkan pelatihan Bakti Pada Guru.

Kerjasama ini sejalan dengan visi Fakultas Psikologi Undip dalam mengembangkan pendidikan psikologi keluarga. Karena pendidikan berkarakter merupakan kunci peradaban di masa yang akan datang," pungkasnya.(mm)