Haornas Momentum Untuk Lebih Maju dan Berprestasi

TAPSEL -  Jadikan momentum Hari Olahraga Nasional (Haornas) untuk lebih maju dan berprestasi demi bangkitnya olahraga Indonesia.

Hal itu diungkapkan Bupati Tapsel H. Syahrul M Pasaribu saat menghadiri peringatan Hari Olah Raga Nasional (Haornas) ke-36 tahun 2019 tingkat Kabupaten Tapsel di lapangan Sarasi 2, Kelurahan Bintuju, Kecamatan Angkola Muaratais, Senin (9/9/2019).

Menteri Pemuda dan Olahraga RI M Nahrawi dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Tapsel H. Syahrul M. Pasaribu mengatakan, Haornas tahun ini mengandung makna bahwa olahraga itu mudah karena dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, masyarakat tidak hanya terpaku melakukan olahraga ditempat fasilitas olahraga saja akan tetapi bisa dilakukan dimana saja, dengan berolahraga dapat mendukung kebijakan Presiden tentang Revolusi Mental serta SDM Unggul Indonesia Maju,

Pembinaan atlet muda berbakat/yang didukung oleh talent identification dan talent scounting yang tepat, telah dibuktikan pula pada perhelatan Asean Schools Games (ASG) 2019 di Semarang. Indonesia tidak sekedar sukses menjadi tuan rumah dan memenuhi target juara umum, namun secara keseluruhan Indonesia mampu melampaui target dengan mengoleksi 43 emas, 34 perak, dan 25 perunggu.

Seperti yang kita ketahui bersama ditahun 2018  diperhelatan Asian Games dan Asian Paragames. Pada ajang Asian Games 2018 Indonesia berada diperingkat ke 4 dengan perolehan 98 medali yang terdiri dari 31 Emas, 24 Perak dan 43 Perunggu.

Namun yang lebih membanggakan adalah atlit Disabilitas mampu mencatatkan sejarah baru menjadi peringkat kelima ajang Asian Paragames 2018 dengan perolehan 135 medali yang terdiri dari 37 Emas, 47 Perak dan 51 Perunggu. Itu pertanda bahwa kita telah menata fondasi olahraga prestasi yang cukup kuat dimulai dari usia dini, atlit unggulan dan atlit disabilitas.

Dengan demikian, kita telah memiliki harapan besar untuk membangun olahraga prestasi dengan melakukan pembinaan secara berjenjang dan tahun ini kita telah menyiapkan atlit-atlit yang akan bertanding dalam perhelatan Olimpiade dan Paralimpiade Tahun 2020 yang akan diselenggarakan di Tokyo.

Adapun cabang-cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam Olimpiade 2020 merupakan cabang olahraga unggulan yang kita harapkan mampu melampaui target yang ditentukan.

Kesuksesan menjadi tuan rumah dalam ajang pertandingan olahraga tingkat Asean menjadi tolak ukur untuk bisa menjadi tuan rumah Olimpiade dan Paralimpiade tahun 2032.

Keinginan tersebut telah ditindaklanjuti oleh Presiden RI Joko Widodo melalui surat pengajuan sebagai kandidat tuan rumah yang disampaikan kepada Presiden International Olympic Committee (IOC) melalui Duta Besar Indonesia di Swiss.

Syahrul mengajak kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Tapsel untuk meningkatkan hidup sehat dengan berolahraga kapanpun dan di manapun. “Melalui Haornas ke 36 tahun 2019, marilah kita jadikan olahraga sebagai kebutuhan hidup kita sehari – hari.

Setelah itu Bupati Tapsel H. Syahrul M. Pasaribu menandatangani balon berhadiah dan sekaligus melepasnya yang didampingi Wabup Tapsel H. Aswin Efendi Siregar, Sekda Tapsel Parulian Nasution, Asisten Pemerintahan Umum Hamdan Zen, Staf Ahli Bupati Zulfahmi, Kadis Pariwisata Abdul Saftar, Camat Angkola Muaratais AM Fadhil dan pimpinan Bank Sumut Cab. Sipirok dengan dilanjutkan penyerahan pakaian Jersey Goes Tapsel kepada Bupati Tapsel.

Baca Juga