Longsor Timpa Rumah Warga di Angkola

Ilustrasi/int

Ilustrasi/int

Medanmerdeka.com– Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara, Senin dini hari (9/10/2017) mengakibatkan bencana longsor di sejumlah wilayah. Sedikitnya dua rumah, dan warung rusak tertimpa material batu, dan seorang warga terluka.

Seorang warga yang terluka yakni Abdul Hanan Rambe (45), warga Kelurahan Sitinjak, Kecamatan Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapsel. Selain rumah tinggalnya, pria ini juga menderita luka di bagian belakang karena tertimpa material.

Nasib serupa juga dialami Zul Fahri (50). Namun Zul dan keluarga sempat melarikan diri ketika mendengar suara berisik dari belakang rumah. Seketika itu juga, material bukit yang berada di belakang rumahnya menghancurkan sebagian dapur tempat tinggalnya.

Sedangkan Toha Lubis mengalami kerugian warung tempat usahanya. Warung yang sehari-hari tempatnya mencari nafkah ludes tertimbun longsoran. Untuk menghindari kejadian serupa, Abdul, Zul Fahri dan Toha Lubis mengungsi ke rumah saudara terdekat.

“Data sementara yang kita ketahui ada dua rumah rusak, satu warung dan satunya lagi bangunan milik desa. Untuk korban jiwa Abdul, luka dibagian belakang tubuhnya,” papar Camat Angkola Barat, Maruhum Hot Taufik.

Dikatakannya, hujan deras yang menggyur Kabupaten Tapsel terjadi sejak Senin dini hari. “Curah hujan memang cukup tinggi hingga Senin pagi mengakibatkan bukit-bukit longsor menimpa pemukiman penduduk,” paparnya. Maruhum juga mengingatkan warga yang berada di lereng bukit untuk senantiasa waspada bila curah hujan cukup tinggi, termasuk juga pengguna jalan.(thoriq/mm)

Comment