Musrenbang Kecamatan, Plh Bupati Tapsel : Utamakan Program Prioritas

TAPSEL - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) kecamatan wajib untuk diadakan dan dilaksanakan oleh para perangkat pemerintah kecamatan hingga desa.

"Makanya, Mendagri setiap tahun keluarkan Permendagri yang berkaitan dengan perencanaan pembangunan," ujar Parulian dalam sambutannya pada Musrenbang Kecamatan di aula Kantor Kecamatan Sayurmatinggi, Selasa (23/2/2021).

Plh Bupati menyesalkan atas ketidakhadiran beberapa kepala desa (Kades) pada Musrenbang itu. Menurutnya, Kades itu bahagian dari dirinya, begitu juga sebaliknya. Sebab, Musrenbang itu adalah kegiatan guna perencanaan pembangunan di desa. Kalau Kades tidak hadir, kata dia, bagaimana bisa diketahui apa yang belum di bangun di desa.

Parulian mengharapkan melalui Musrenbang itu dapat mewujudkan visi dan misi dari daerah yaitu Tapsel sehat, cerdas dan sejahtera. Usia harapan hidup rakyat Tapsel itu harus tinggi. Di Kecamatan Sayurmatinggi, sektor kesehatan masih sangat dibutuhkan dan pada umumnya di Kabupaten Tapsel.

"Makanya pembangunan di bidang kesehatan itu nomor satu. Cerdas pun kalau tidak sehat, susah juga. Makanya harus selalu bergandengan antara sehat dan cerdas. Kalau sudah sehat, cerdas, pasti sejahtera karena energi berpikirnya jalan," terangnya.

Parulian meminta kepada semua yang hadir dalam Musrenbang itu, untuk mempelajari program mana yang prioritas. Sebab di Musrenbang tingkat kecamatan itu, pasti ada beberapa usulan program yang sudah masuk dari desa. Jangan sampai, program yang diusulkan dari Kecamatan Sayurmatinggi itu bukan skala prioritas.

Disamping itu, Parulian juga mengingatkan kepada para Kades dalam hal penggunaan dana desa (DD). Kades harus tahu, program mana yang ditampung di APBD dan di APDes sehingga tidak terjadi overlap atau tumpang tindih. Kemudian terkait penggunaan DD untuk bantuan Covid-19. Jangan sampai terjadi kesalahpahaman dalam penyalurannya.

Sebelumnya, Camat Sayurmatinggi, Emmy Farida, menjelaskan, sebelumnya pada 20 November 2020, pihaknya telah melakukan penyusunan RKPDes untuk seluruh desa. Kemudian setelah itu, pihaknya juga sudah menyurati Kades untuk melaksanakan Musrenbang. Dan dari 16 sampai 31 Januari 2021 sesuai dengan surat dari Bappeda Tapsel, untuk dilaksanakan Musrenbang desa.

Turut hadir, Ka. Bappeda Abadi Siregar, Forkopimcam, para Kades dan para peserta Musrenbang kecamatan.