Pemkab Tapsel Ajak Masyarakat Budayakan Makan Ikan

Medanmerdeka.com –┬áBupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H. Syahrul M. Pasaribu mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Tapsel untuk lebih gemar mengkonsumsi ikan. Selain mengandung protei tinggi, ikan dapat meningkatkan ketahan tubuh.

“Tersedianya sumber daya manusia pembangun berdaya saing, merupakan bagian penting dan sejalan dengan misi Kabupaten Tapsel sehat, cerdas dan sejahtera,” Kata Bupati diwakili oleh Staf Ahli Bupati Syahgiman Siregar pada pembukaan lomba masakan serba ikan tahun 2018, yang digelar Dinas Perikanan Tapsel, di aula rumah Dinas Bupati Tapsel, Jalan Prof. Lafran Pane – Sipirok, Selasa (2/10/2018).

Dikatakan, berdasarkan hasil penelitian, mengkonsumsi ikan 3 kali seminggu, akan mengurangi resiko stroke sebesar 6 persen.”Ikan juga kaya dengan asam lemak omega e, vitamin dan berbagai mineral,” sebutnya.

Menurutnya, melalui gerakan memasyarakatkan makan ikan (gemar ikan) akan berimbas pada semakin meningkat angka konsumsi ikan ditengah warga Tapsel. Tentu, akan berkontribusi positif bagi petani ikan atau nelayan.

“Apalagi jika gerakan itu, diimbangi dengan peningkatan program pemberdayaan dan perlindungan kepada petani ikan atau nelayan,” sebutnya. Pada kesempatan itu Bupati juga mengajak seluruh peserta agar mengikutinya dengan baik.

Kadis Perikanan Leli Anita Lubis menyampaikan, adapun tujuan kegiatan yang diikuti seluruh Kecamatan ini adalah, meningkatkan keterampilan memasak ikan berbahan ikan. Upaya promosi tentang masakan ikan pada masyarakat. Mendukung pemanfaatan sumber daya ikan untuk kesejahteraan.

“Pesertanya adalah TP PKK Kecamatan. Dan yang menjadi juara akan menjadi duta Kabupaten Tapsel untuk tingkat Provinsi Sumut,” terangnya seraya merincikan, menu yang dilombakan pada kegiatan itu adalah, menu ikan untuk keluarga, menu ikan untuk balita dan menu ikan untuk kudapan.

Hadir pada lomba itu Ketua TP. PKK Tapsel Ny Hj Syaufia Lina Syahrul, beberapa pimpinan OPD, Kabag Humas dan Protokol Isnut Siregar, para Camat se-Kab. Tapsel dan para peserta lomba.(thoriq/mm)

Comment