Pemkab Tapsel Dorong Perusahaan untuk Berinvestasi

Medanmerdeka.com - Untuk mendukung  proyek strategis nasional yang dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Sumatera Utara berharap PT North  Sumatera   Hydro   Energi  (NSHE) untuk mempercepat pembangunan  infrastruktur PLTA di Batangtoru.

Bupati Tapsel, melalui Kepala Bagian (Kabag) Humas, Isnut Siregar mengatakan, dukungan tersebut tentunya mengacu kepada Perpres RI nomor 3/2016 tentang percepatan pelaksanaan proyek strategis nasional dan Perpres nomor 4/2016 tentang percepatan  pembangunan  infrastruktur ketenagalistrikan.”Semakin banyak invesitasi yang masuk, maka kesejahteraan masyarakat akan secepatnya terwujud,”paparnya Senin (02/10).

Dikatakan Isnut, Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu sudah meminta kepada seluruh perusahaan yang sudah mendapatkan izin dari pemerintah agar secepatnya melakukan pembangunan, sehingga peningkatan ekonomi masyarakat di wilayah Tapsel khususnya di daerah operasi perusahaan secepatnya terwujud. ”Bupati juga berharap kepada perusahaan segera lakukan pembangunan, dengan begitu maka masyarakat di Tapsel sejahtera,”imbuhnya.

Keberadaan PLTA Batangtoru penunjang utama mensejahterakan masyarakat. Tentunya, perusahaan itu akan dapat memenuhi kebutuhan energi listrik berkapasitas 510 Megawatt. “ PLTA ini merupakan proyek strategis nasional yang akan memenuhi kebutuhan listrik masyarakat,”tandasnya.

Sementara itu, penasehat hukum PT NSHE , Syamsir Alam Nasution mengatakan, sebagai salah satu perusahaan terbesar di Indonesia, kehadiran PT NSHE akan mampu menjawab kekurangan energy listrik yang selama ini banyak dirasakan oleh warga terutama di Sumut. “Tentunya,  PT NSHE akan menjalankan Perpres 03 dan 04 Tahun 2016 itu.”ujarnya. Dia mengaku, hingga saat ini belum ditemukan permasalahan yang akan menghambatnya pembangunan PLTA.

Ditanya mengenai pembebasan lahan, dia menegaskan bahwa ganti rugi lahan dengan masyarakat sudah diselesaikan, karena biaya ganti rugi tersebut diatas NJOP.”T idak tidak ada lagi kendala yang berarti dilapangan, semuanya termasuk pembebasan lahan juga sudah selesai,”tegasnya. (thoriq)