oleh

Pemkab Tapsel Raih Opini WTP 4 Kali

Medanmerdeka.com – Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)/Opini terbaik dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2017.

Dengan demikian Pemkab Tapanuli Selatan dibawah kepemimpinan Bupati dua periode Syahrul M.Pasaribu secara berturut empat 4 kali (2014-2015-2016-2017) sudah mendapatkan Opini WTP atau quattrick dari BPK-RI

Penyerahan LHP LKPD 2017 itu sendiri dilakukan Kepala Perwakilan BPK-RI Sumatera Utara V.M.Ambar Wahyuni kepada Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu di Kantor BPK-RI Sumut, di Medan, Kamis (24/5/2018).

Dalam kesempatan ini turut memberikan bimbingan anggota V BPK-RI, Isma Yatun  dan Gubernur Sumatera Utara HT.Erry Nuradi dihadiri dua puluh satu Bupati/Wali Kota di Sumut beserta Pimpinan DPRD Kabupaten/Kota di Sumut.

Sementara Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu sambutan mewakili dua puluh satu Bupati/Walikota  mengatakan, audit BPK terhadap LKPD tahun ini semakin lebih kualitatif  seperti tentang penggunaan Dana Desa dan dana  BOS sudah ikut diaudit.

Sementara Anggota BPK RI Isma Yatun menyatakan nilai terbaik opini WTP terhadap LHP LKPD 2017 merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran atas laporan keuangan yang didasarkan empat kriteri.

Kriteria pertama kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kedua kecukupan pengungkapan, ketiga kepatuhan terhadap perundang-undangan, dan keempat efektivitas sistem pengendalian intern (SPI).

Ketika Syahrul dihubungi Via selularnya menyatakan, “apresiasi terhadap semua jajaran Pemkab Tapanuli Selatan yang secara bersama dengan Saya bekerja keras sehingga mampu melaporkan pengelolaan keuangan tepat waktu dan sesuai dengan perundangan yang berlaku.”

Selain itu Syahrul juga mengucapkan terimakasih kepada DPRD dan dukungan seluruh elemen masyarakat atas capaian opini WTP untuk TA 2017 tersebut.

“Terwujudnya WTP hingga quattrick dari BPK-RI tidak lepas dukungan dari semua jajaran Pemkab, DPRD, FORKOPIMDA Tapsel serta kerjasama semua pihak yang menggunakan Anggaran Pemkab Tapsel Tahun 2017,”ujarnya.

Kepada semua pihak yang telah taat azas, taat aturan dan tertib administrasi mempertanggungjawabkan penggunaan anggaran bersumber APBD Tapsel TA 2017 Bupati Syahrul M.Pasaribu sekali lagi mengucapkan terimakasih, dengan harapan dimasa mendatang opini WTP seperti ini dapat terus dipertahankan.(thoriq/mm)

Komentar

News Feed