Sambut HUT Kemerdekaan ke 74 RI

Renungan Suci Berjalan Khidmat di Bawah Guyuran Hujan

Bupati Tapanuli Selatan H. Syahrul M. Pasaribu beserta unsur Forkopimda menggelar apel kehormatan dan renungan suci kepada para pahlawan, di Taman Makam Pahlawan Simago-mago, Sipirok, Sabtu (17/8/2019) pukul 00.00 WIB, dini hari.(Foto:MEDANmerdeka/Ginting)

TAPSEL - Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang  ke-74 tahun. Bupati Tapanuli Selatan H. Syahrul M. Pasaribu bersama unsur Forkopimda menggelar apel kehormatan dan renungan suci kepada para pahlawan, di Taman Makam Pahlawan Simago-mago, Sipirok, Sabtu (17/8/2019) pukul 00.00 WIB, dini hari.

Meskipun diguyur hujan acara apel kehormatan dan renungan suci tetap berlangsung dengan khidmat. Upacara kehormatan renungan suci ini digelar adalah dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-74, untuk mengingatkan kembali kepada kita atas gugurnya para Pahlawan merebut kemerdekaan dari tangah penjajah, , khususnya di Sipirok Kab.Tapsel.

Danyon C Brimob, AKBP Bravo Asena Siahaan, selaku Inspektur Upacara (Irup) mengatakan, apel kehormatan dan renungan suci ini adalah dalam rangka memperingati dan mengenang akan jasa- jasa para pahlwan yang telah gugur di medan perang dengan jumlah 31 orang.

"Terdiri dari TNI 19 orang, pegawai sipil 5 orang dan pejuang rakyat 7 orang. Semoga arwah saudara- saudara kita diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa," jelasnya.

Disaat Bravo membacakan apel kehormatan dan renungan suci ia memberikan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara - saudara sebagai pahlawan dalam pangabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan bangsa dan negara.

"Maka dari itu kita sebagai bangsa Indonesia sudah sepatutnya untuk menghargai dan menghormati para pejuang terdahulu yang telah mempertahankan Negara Indonesia ini hingga titik darah penghabisan."

Setelah itu dilanjutkan dengan pemadaman lampu di taman makam pahlawan yang kemudian dilakukan dengan penyalahan obor oleh anak pramuka di pusaran makam pahlawan yang membuat suasana menjadi khidmat.

Acara apel kehormatan dan renungan suci dihadiri, unsur Forkopimda, Wakil Bupati Tapsel Aswin Efendi Siregar, Sekda Tapsel Parulian Nasution, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Pimpinan OPD, Kabag, Camat Sipirok, ormas kepemudaan, unsur TNI, Polri, ASN dan anak-anak Pramuka.

Baca Juga