Tapsel Canangkan Bulan Bhakti Gotong Royong di Desa Panobasan

PENCANANGAN: Kabupaten Tapanuli Selatan melakukan pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-15 dan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) ke-46 tahun 2018.(foto: Ist/MM)

Medanmerdeka.com - Kabupaten Tapanuli Selatan melakukan pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-15 dan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) ke-46 tahun 2018.

Pencanangan BBGRM - HKG PKK tersebut di pusatkan di Desa Panobasan Lombang Kecamatan Angkola Barat, Jumat (7/12/2018) dihadiri Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu dan Ketua TP.PKK Tapanuli Selatan Syaufia LIna Syahrul.

Bupati dalam sambutannya mengatakan bahwasanya gerakan gotong royong tersebut jangan hanya sebatas dicanangkan, namun diaplikasikan agar lingkungan menjadi bersih dan sehat.

"Gotongroyong bertemakan "melalui pelaksanaan BBGRM - HKG PKK 2018 kita daya gunakan peran serta kelembagaan desa menuju kesejahteraan masyarakat", sebuah kegiatan sosial yang menjadi ciri khas bangsa kita bangsa Indonesia sejak dulu kala yang harus tetap kita pelihara sampai kapanpun,"katanya.

Seberat apapun pekerjaan pasti dapat dikerjakan dengan lebih ringan apabila cara penyelesaiannya dengan cara gotongroyong,"itulah pentingnya arti sebuah gotongroyong,"ujarnya.

"Kepada seluruh kader PKK selaku ujung tombak dalam hal pemberdayaan masyarakat khususnya bagi keluarga pra sejahtera dan keluarga sejahtera dalam mendukung program pemerintah daerah meningkatkan taraf hidup masyarakat, saya juga mengucapkan terimakasih,"ucapnya.

Bupati juga menyinggung program Nawacita pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden RI Joko Widodo - Jusuf Kalla (Jokowi - JK) khususnya butir ketiga yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

"Kita patut mensyukuri program nawacita Jokowi - JK tersebut, karena melalui program Dana Desa peningkatan pembangunan, ekonomi dan kesejahteran masyarakat ratusan desa di Tapsel utamanya semakin bertambah,"terangnya.

Pencanangan BBGRM tersebut ditandai dengan penyerahan bantuan berupa peralatan untuk gotong royong berupa mesin rumput,  kereta sorong, plongki, cangkul dan sapu kepada 14 desa binaan di Tapanuli Selatan plus desa panobasan lombang selaku tuan rumah oleh Bupati.

Sementara, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Tapanuli Selatan M.Yusuf mengatakan tujuan kegiatan untuk mendorong atau memotivasi sekaligus melestarian kegiatan gotong royong di tengah masyarakat.

"Dengan dicanangkannya BBGRM - HKG PKK semakin meningkatkan sinergitas antara masyarakat dan pemerintah yang sudah terbagun selama ini di Tapanuli Selatan,"harapnya dihadapan yang hadir lainnya Kepala BNNK Tapsel AKBP Siti Aminah Siregar, Asisten, Staf Ahli, Pimpinan OPD, Darma Wanita Tapsel dan Camat di jajaran Pemkab Tapanuli Selatan.(mm)