Wabup Tapsel Ajak Masyarakatan Budayakan Konsumsi Ikan

TAPSEL - Wakil Bupati (Wabup) Tapanuli Selatan (Tapsel) H Aswin Efendi Siregar mengajak masyarakat Tapsel untuk selalu gemar mengkonsumsi ikan. Hal itu disampaikannya pada kegiatan lomba masak serba ikan di aula pendopo rumah dinas Bupati Tapsel, Senin (7/10/2019).

H Aswin Efendi Siregar mengatakan bahwa produksi ikan Tapsel memiliki kontribusi yang dominan terhadap produksi ikan air tawar di Sumatera Utara. Dari data statistik sampai bulan Juni 2019 menunjukkan bahwa Tapsel telah berhasil memproduksi ikan kurang lebih 3.864,04 ton.

Dari segi perspektif kesehatan, sambung Aswin, ikan merupakan sumber protein bagi tubuh. Dengan demikian terkait dengan lomba masak serba ikan ini, bisa menyadari bahwa konsumsi sehari - hari masyarakat senantiasa dikaitkan dengan protein.

"Berdasarkan hasil perhitungan statistik Tapsel telah mampu mencapai kosumsi ikan sebesar 43,45 Kg/Kapita/Orang/Tahun. Selain sumber protein ikan juga mengandung berbagai zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan," jelasnya.

Aswin berharap dengan adanya kegiatan lomba masak serba ikan ini bisa memotivasi masyarakat khususnya yang berada di Tapsel, Agar terus meningkatkan konsumsi ikan dan menjadikannya sebagai menu sehari - hari.

"Untuk menjadikan ikan sebagai menu sehari - hari tentu dibutuhkan kreativitas dalam pengelolaannya. Agar ikan yang kita konsumsi lebih menarik dan dari pendekatan gizi setidaknya memenuhi standar dan norma angka kecukupan dan kehigienesannya," Kata Wabup.

Kadis Perikanan Lely Anita Lubis juga menjelaskan peserta lomba masak serba ikan diikuti oleh seluruh Tim PKK Kecamatan yang ada di Tapsel yang terdiri 15 Kecamatan.

"Peserta lomba yang mendapat juara umum, akan menjadi utusan Tapsel ke Provinsi Sumatera Utara pada tanggal 5 November 2019, " jelasnya.

Menu lomba serba ikan ini juga terdiri dari tiga jenis masak ikan, pertama menu makanan keluarga yang berbahan baku ikan tenggiri, menu ikan untuk balita berbahan baku ikan yang berada di daerah masing - masing,  dan yang terakhir menu ikan untuk gudapan yang berbahan baku dari ikan yang berpotensi di masing - masing kecamatan.

Ketua TP. PKK Tapsel Hj Syaufia Lina Syahrul bertindak sebagai dewan juri pada acara lomba masak serba ikan tingkat Kabupaten Tapanuli Selatan.

Baca Juga