Wabup Tapsel Imbau ASN Disiplin

TAPSEL - Aparatur Sipil Negara (ASN), harus disiplin dan harus mampu tunjukkan dedikasi dalam memberikan Pelayanan Prima kepada masyarakat.

Hal itu disampaikan, Wakil Bupati ( Wabup ) Tapanuli Selatan ( Tapsel ), H Aswin Efendi Siregar, pada saat menjadi Pembina Upacara Hari Kesadaran Nasional ( HKN ), di halaman Perkantoran Pemerintah Tapanuli Selatan, Jalan Prof. Lafran Pane, Sipirok, Senin (18/3/2019 ).

Upacara HKN tersebut, dihadiri oleh Sekda Tapsel Parulian Nasution, dan ratusan peserta upacara yang terdiri dari Pejabat Eselon II, III dan IV, beserta seluruh staf di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan.

Bupati Tapsel H. Syahrul M Pasaribu yang diwakili Wabup Tapsel H Aswin Efendi Siregar dalam amanatnya mengatakan, Upacara hari kesadaran Nasional yang pada saat ini kita laksanakan.

“Tentunya, mengingatkan kita semua tentang pentingnya disiplin ASN, dalam mewujudkan dedikasi pengabdian, dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Selain itu juga selalu optimis dalam bekerja, demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tapanuli Selatan,” katanya.

Wabup Tapsel juga menyampaikan, Dalam melayani masyarakat, Aparatur Sipil Negara ( ASN ) harus mencerminkan prilaku ramah, santun dan bersifat mengayomi. Untuk itu jauhkan dari sikap arogan. Apalagi ditahun 2019 ini, tepatnya pada tanggal 17 April 2019 bulan depan Bangsa kita akan menggelar  Pemilu serentak untuk memilih calon Presiden dan Legislatif.

Beranjak dari hal itu, saya berharap kepada seluruh ASN Tapsel untuk bisa menjaga Persatuan dan Kesatuan serta jaga kekompakan dalam menghadapi Pemilu serentak ini.

“Jangan mudah terpengaruh oleh berita-berita Hoax. Apalagi, berita tersebut cenderung menyudutkan Pemerintah kita, marilah jadi pemersatu dalam menjaga Keutuhan Negara Republik Indonesia. Agar pelaksanaan Pemilu serentak nantinya dapat berjalan dengan kondusif,” tegas Aswin.

Adapun Program keberhasilan Nawacita Presiden RI H. Joko Widodo, yaitu salah satunya mewujudkan kemandirian ekonomi. Dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik, termasuk kontribusi dari sektor Pertanian.

Antara lain, program upsus pajale (upaya khusus padi, jagung dan kedelai). Program Upsus siwab (Upaya Khusus Sapi induk wajib Bunting). Program Pengembangan tanaman Perkebunan berkelanjutan (Kopi dan Sawit berkelanjutan) serta sarana dan Prasarana Infrastruktur Pertanian termasuk bantuan alat Mesin Pertanian.

Lanjut Aswin, Pengawalan dalam Program Pembangunan Pertanian secara umum di Kabupaten Tapsel, telah menunjukkan keberhasilan yang Signifikan khususnya di Periode tahun 2018.

Yaitu Indeks Pertanaman Padi Sawah dari 2,05 (tahun 2016) menjadi 2,51 (tahun 2018), luas Panen Padi dari 36.643 Ha (tahun 2016) menjadi 64.500 Ha (tahun 2018) meningkat 76,02% dan luas Panen Jagung dari 4.027,30 Ha (tahun 2016) menjadi 9.185,00 Ha (tahun 2018) meningkat 128%.

Menurut kondisi riil, bahwasanya Kabupaten Tapsel telah menunjukkan Surplus Produksi padi Sawah yang telah menjadikan Tapsel mencapai Swasembada di tiga tahun terakhir (2016-2018).

Pengakuan Indikasi Geografis (IG)/Hak paten Kopi Sipirok. Pengakuan Sertifikasi Dalak organik, capaian Upsus Siwab dalam mendukung ketersediaan Daging Nasional, tingkat kebuntingan indukan Sapi Betina mencapai 85% dan Infrastruktur Pertanian antara lain, jalan Produksi Pertanian (2018), kurang lebih 6.159, 247 Meter/6,159 Km, Irigasi Pertanian (2018), kurang lebih 743,400 meter/0,743 Km dan embung (tahun 2018) : 7 unit.

Tentunya, dengan keberhasilan seluruh Program tersebut, sudah sepatutnya kita memberikan Apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Pusat dibawah kepemimpinan Presiden RI H Joko Widodo.

Sebab, dengan keberhasilan tersebut peningkatan produksi dan pendapatan para petani, semakin meningkat yang sekaligus memberikan Kontribusi terhadap Peningkatan keberhasilan Program Nasional.

Diakhir amanatnya Aswin Efendi Siregar, menyampaikan melalui momentum peringatan Hari Kesadaran Nasional ini. Para ASN harus mampu meningkatkan Kapasitas dan Kapabilitas sebagai Aparatur Pemerintahan, menuju Kabupaten Tapanuli Selatan yang Sehat Cerdas dan Sejahtera.(mm)

Penulis: Ginting
Editor: Redaksi

Baca Juga