Pemkab Aceh Besar Akan Dirikan Posko PPKM di Pusat Pasar

ACEH BESAR - Untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran virus corona (Covid-19) di Aceh Besar, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar akan mendirikan Posko Perberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Pusat Pasar.

"Berdasarkan Instruksi Kapolri di Pasar akan didirikan Posko PPKM. Apakah Pasar Induk Lambaro dan Pasar lainnya di Aceh Besar juga didirikan Posko. Namun, akan koordinasi dengan Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Aceh Besar bersama Satgas Covid-19 Kabupaten Aceh Besar," ujar Sekda Aceh Besar, Drs Sulaimi MSi kepada wartawan, Kamis (29/7/2021).

Dikatakan Sekda, dengan adanya rencana pembangunan Posko PPKM di Pasar ini tentunya juga harus menyiapkan petugas dari tenaga kesehatan dan petugas Pasar untuk mencegah penyebaran virus corona di Pasar tersebut. Karena, Pasar setiap hari terjadinya hubungan transaksi antara penjual dan pembeli.

Menurut Sekda, saat ini kasus pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kabupaten Aceh Besar terus meningkat. Makanya, pihaknya akan berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Kabupaten Aceh Besar untuk menyediakan personil di Posko PPKM di Pasar tersebut, dan ditambah lagi Instruksi Kapolri untuk tersedia Posko PPKM guna memutus rantai penyebaran virus corona di Aceh Besar.

Di sisi lain, Sekda Aceh Besar juga menyampaikan, bahwa stok vaksin di Aceh Besar menipis dan tersisa sekitar 1.000-an dosis.

"Saat ini, stok vaksin menipis di Aceh Besar dan stok vaksin sudah tersedia di Pemerintah Aceh dan akan segera didistribusikan ke Kabupaten/Kota di Aceh. Untuk Aceh Besar akan meminta 4.000 dosis," ujar Sekda.