Puluhan Pertokoan di Pasar Batangtoru, Tapsel Ludes Terbakar

Puluhan pertokoan di Pasar Batangtoru, Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), ludes terbakar, Kamis (25/7/2019).(Foto:MEDANmerdeka/Ist)

TAPSEL – Kebakaran hebat menghanguskan puluhan pertokoan di Pasar Batangtoru, Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Kamis (25/7/2019) sekira pukul 06.45 WIB.

Walaupun tidak menimbulkan korban jiwa, kobaran api yang dipicu arus pendek dari salah satu grosir, mengakibatkan kerugian mencapai miliaran rupiah.

Kapolsek Batangtoru AKP DM Zain Harahap mengatkan, sejumlah saksi mengatakan api pertama kali muncul dari salah satu grosir, yang kemudian merambat ke sisi kanan pertokoan lainnya.

Kencangnya angin, membuat amukan si jago merah merambah ke pertokoan di seberang jalan, yang masih banyak terbuat dari bangunan papan.

Sejumlah petugas pencegah pemadam kebakaran Pemkab Tapsel, dibantu armada pemadam kebakaran swasta turun bersama masayrakat bahu membahu memadamkan api.

“Api itu diketahui pemiliknya ketika hendak membuka usaha. Dia langsung menjerit minta pertolongan warga sekitar,” terangnya.

Kapolsek belum tau pasti jumlah bangunan yang terbakar, karena masih dalam pendataan di lapangan.”Diperkirakan mencapai 20 an unit, pastinya masih di data ulang,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPD) Tapsel, Umar Halomoan mengatakan penyebab kebakaran belum diketahui karena masih dalam penyelidikan kepolisian.

Hingga kini api sudah berhasil dipadamkan, pihaknya bersama kepolisian dan masyarakat melakukan pendataan dan pembersihan puing-puing sisa kebakaran.

“Api sudah berhasil diredam, sekarang masih ada sisa bara yang harus dipadamkan betul-betul agar tidak merambat ke pemukiman yang lain,” kata Umar.

Baca Juga