Kota Surabaya Tata Taman & Sungai Dengan Baik

Medanmerdeka.com – Penataan taman yang indah dan rapi, serta sungai bersih menjadi daya tarik Kota Surabaya saat ini. Banyak taman yang asri dengan pepohonan rimbun di setiap sudut kota memanjakan pengunjung. Kesimpulan ini didapat dari perjalanan jurnalistik wartawan Unit Kantor Gubernur Sumatera Utara, 7-10 Mei 2018 ke Provinsi Jawa Timur.

Tadi malam kami sengaja keliling dengan jalan kaki melihat indahnya taman-taman kota dan badan jalan yang begitu ditata dengan apik,” kata Iwan, salah satu peserta dari Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu, Kamis (10/5/2018).

Dikatakan Iwan, seperti di Medan, setiap taman dijadikan tempat nongkrong anak muda dan penduduk kota di malam hari, dan tempat istirahat siang hari. “Bedanya di sini jauh lebih bersih,” jelasnya.

Hal yang sama juga disampaikan peserta lainnya Munawar Harahap, yang keliling melihat Kota Surabaya di malam hari. “Taman-taman di sini ramai dikunjungi warga kota dan ditutup pada pukul 24.00 setiap malamnya,” ungkap Munawar atau biasa dipanggil Ucok ini.

Taman-taman di Surabaya juga terjaga dengan baik. Tidak hanya siang hari, malamnya juga “dibersihkan” dari para pengunjung dan orang-orang tidak bertanggung jawab. “Buktinya, tak lama kami sampai di Taman Kebun Binatang Surabaya, datang petugas dari Satpol PP yang meminta pengunjung dan pedagang di sekitar taman untuk pulang karena taman sudah tutup,” kata Ucok.

Rombongan wartawan juga menyempatkan diri mengunjungi Taman Museum Kapal Selam di dalamnya terdapat patung Hiu-Buaya, sebagai ikon Kota Surabaya, sebelum menuju Bandara Internasional Juanda. Seluruh peserta dengan gembira melakukan foto bersama dengan latar belakang patung dan dilanjutkan dengan swafoto dengan telepon genggam masing-masing.

Sebelumnya, diketahui, Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu membawa sebanyak 40 wartawan Unit Pemprovsu untuk melakukan studi pengayaan wawasan ke kantor Pemerintah Provinsi  (Pemprov) Jawa Timur (Jatim), Surabaya, Selasa (8/5/2018). Kunjungan ini bertujuan menjaga hubungan kemitraan dengan media massa, sekaligus untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan wartawan.

Hadir dalam kesempatan itu, Kabag Pelayanan Media dan Informasi Humas Setda Provsu Harvina Zuhra STP MSi, Kasubag Pemberitaan Jasniati SPd, Kasubag Hubungan Antar Lembaga Salman SSos, MAP dan Ketua Kordinator Wartawan Unit Pemprovsu Khairul Muslim.

Harvina Zuhra mengatakan, wartawan yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari wartawan media cetak dan elektronik, baik dari media lokal di Sumut maupun media nasional. Kegiatan ini, merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahun dan kali ini merupakan kunjungan ketiga.

“Kali ini merupakan kunjungan dengan jumlah yang paling besar. Sebelumnya tidak pernah sebanyak ini. Kalau tahun lalu kita bawa di dua tempat yakni ke Lombok untuk melihat penyelenggaraan MTQN, karena tahun ini Sumut juga menjadi tuan rumah MTQN. Sedangkan ke Bali, kita ingin melihat bagaimana pengelolaan Geopark Gunung Batur, mengingat saat ini kita juga sedang mengejar pembenahan untuk Geopark Kaldera Danau Toba,” paparnya.(am/mm)

Comment