oleh

Pakpak Bharat Gelar Pesta Budaya Oang-Oang

Medanmerdeka.com – Bupati Pakpak Bharat Dr Remigo Yolando Berutu M.FIN,MBA diwakilkan Sekdakab Sahat Banurea bersama Forkopimda membuka Pesta Budaya Oang-Oang tahun 218, Rabu lalu di Lapangan Napasengkut, Salak.

Selain hiburan, Pesta Budaya khas Pakpak Bharat juga dimeriahkan beragam perlombaan, diantaranya music tradisionil, fashion show pakaian Jejap Pakpak yang diikuti ASN kecamatan se-Kab Pakpak Bharat.

Sahat Baurea mewakili bupati mengatakan, event tahunan ini sudah tiga kali berturut-turut diselenggarakan dan sudah menjadi kalender of event pariwisata Danau Toba. Adapun tujuan dari kegiatan ini untuk memperkenalkan seni dan budaya Pakpak Bharat ke dunia luar, sekaligus menanamkan rasa cinta generasi kepada kebudayaannya.

“Kegiatan ini sekaligus menjadi branding pariwisatwa Sumatera Utara khususnya Pakpak Bharat.Kegiatan ini sangat khas dan menarik, yang menampilkan kreativitas masyarakat Pakpak Bharat dan inovasi para pencinta seni budaya Pakpak,”katanya.

Remigo berharap, Pesta Budaya Oang-oang ini dapat memotivasi masyarakat, terkhusus para seniman, budayawan, pemerhati dan organisasi-organisasi kesenian untuk terus-menerus mengembangkan kreasi dan inovasi sekaligus mengaktualisasi diri melalui aktivitas dan prestasi seni.

“Pesta budaya ini juga merupakan bagian pelestarian budaya daerah, karena kita menyadari pentingnya makna kebudayaan dalam rangka memperkenalkan jati diri bangsa, agar tidak tergerus derasnya globalisasi dan modernisasi,” ujarnya.

Ketua Panitia yang juga Ka. Dinas Pariwisata, Bambang S. Banurea, saat dikonfirmasi mengatakan event ini juga dilakukan karnaval kendaraan hias dari masing-masing wilayah dan instansi sekaligus masyarakat yang mempersembahkan luah (cendera mata) khas masing-masing wilayah, dengan berkeliling kota Salak dan berakhir di Lapangan Napasengkut.(amri/mm)

Komentar

News Feed