Pegiat Medsos & Jurnalis Kunjungi 6 Destinasi Wisata Medan City Tour

MEDAN - Puluhan pegiat media sosial (medsos) dan Jurnalis mengunjungi 6 objek wisata bertajuk Medan City Tour yang digagas Ikatan Wartawan Online (IWO) Medan bersama dengan Dinas Pariwisata Kota Medan.

Enam destinasi wisata tersebut yakni Masjid Bersejarah Masjid Al-Osmani yang terletak di Jalan KL Yos Sudarso Kelurahan Pekan Labuhan. Dimana masjid ini sudah sangat tua karena didirikan pada Tahun 1854. Lalu berhenti tak jauh dari Masjid Al-Osmani ada Vihara Siu Dan Keng yang merupakan Vihara satu-satunya di Medan Labuhan bernilai sejarah yang tinggi, dulunya bangunan Vihara ini didirikan 11 orang diketuai oleh Shia Eng Tjai.

Selanjutnya, para Peserta city Tour sebayak 40 orang yang terdiri dari Penggiat Media Sosial (Selebritis Instagram, Facebookers, YouTubers), pelajar dan juga sejumlah Jurnalis media online dan cetak diperkenalkan wisata kuliner di Medan Labuhan yang menyajikan menu-menu seafood yang khas.

Tempat kuliner ini bernama Dermaga Seafood Bang Thamrin di Jalan Indrapura Ujung Kecamatan Medan Belawan. Selain sajiannya enak dan pas dilidah, tempat kuliner ini juga menyuguhkan pemandangan elok karena berdiri tepat digaris pinggir laut Belawan. Angin sepoi-sepoi jelas membawa pengunjungnya merasa nyaman dan tempat ini layak menjadi salah satu tujuan wisata jika mendarat di Kota Medan.

Kemudian, perjalanan pun terus berlanjut menuju tempat yang tidak kalah penting yakni Museum Situs Kota Cina namanya. Terletak apik di Medan Marelan, situs ini diketahui pada tahun 1970 anak, jejaknya diketahui saat ditemukan arca kuno ketika proses pembangunan tol balmera Tahun 1986 silam.

Ketua IWO Medan, Erie Prasetyo didampingi Ketua Panitia City Tour Medan, Budi Warsito mengatakan kegiatan Medan city tour ini merupakan kegiatan atau program IWO dan Dinas Pariwisata untuk mempromosikan destinasi wisata di Medan. Dengan mengajak para selebritis Instagram (selebgram) juga youtubers serta Jurnalis online dan cetak ini agar dapat mengeksplore potensi-potensi wisata di destinasi wisata yang dikunjungi.

Semuanya, lanjut Erie, nanti akan dipromosikan ke wisatawan lokal maupun mancanegara melalui Chanel dan konten masing-masing peserta. "Kita kunjungi 6 Destinasi wisata ini karena letaknya dipinggir kota Medan, selama ini banyak tamu di Medan hanya tau objek wisata ditengah kota. Saat inilah kita kenalan, kita eksplore agar terangkat di mata dunia karena sebagain wisata bahkan sudah masuk dalam situs bersejarah dunia," ujarnya.

Setelah itu, dilanjutkan perjalanan ke Penangkaran Buaya di Medan Sunggal, Gereja Velangkani di Medan Sunggal, Masjid Raya di Medan Maimun dan dilanjutkan diskusi dengan Walikota Medan di Rumah Dinas Walikota Medan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kota Medan, Agus Suriyono mengatakan kegiatan ini merupakan promosi melalui media digital terutama kaum milinial. "Kami sepakat dengan iwo membuat kegiatan sekaligus mempromosikan Kota Medan. Harapannya semua pihak berperan, kalau tidak kita siapa lagi," paparnya.

Agus juga mengajak warga Medan menjadi warga yang bangga akan kotanya, karena ruh pariwisata adalah mendatangkan orang sebanyak-banyaknya ke kota Medan.

Sementara itu, para peserta yang didominasi para remaja Medan penggiat media sosial itu tampak terus melakukan aktivitas mengeksplore keindahan tempat- tempat wisata itu. Mulai berswafoto hingga ngevlog langsung dari lokasi. (mm)

Penulis: Sri
Editor: Mauza

Baca Juga

ca-pub-5353671782241986