Pesona Alam Pantai Barat

Danau Siais.(foto/MEDANmerdeka/Ginting)

BUMI Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara, menyimpan sejuta keindahan alam. Bagi anda yang suka berpergian ataupun melintasi jalur lintas pantai barat yang menghubungkan ke Kabupaten Mandailing Natal (Madina), sejumlah objek wisata dapat anda nikmati bersama keluarga. Wow!

Di kawasan ini, sedikitnya tiga objek wisata alam dapat menyejukkan pemandang mata, mulai dari Lubuk Larangan Ikan Jurung di Kelurahan Rianiate, Panorama Alam Danau Siais dan Air Terjun Simatutung.

Untuk sampai ke objek wisata ini cukup mudah, bisa dilallui kendaraan roda empat ataupun roda dua. Apalagi, akses infrastruktur ke tujuan cukup layak dilalu.

Jika dari Kota Padangsidimpuan, hanya ditempuh dalam waktu 2 jam perjalanan. Sedangkan dari Batang Toru, lebih cepat 1 jam perjalanan.

Danau Siais

Danau Siais.(foto/MEDANmerdeka/Ginting)

Danau terindah di Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) masuk territorial Tapsel, posisinya berada di jalan nasional pantai barat. Selain airnya yang jernih, Danau Siais seluas  4500 hektare disebut-sebut terluas setelah Danau Toba, Sumut.

Air Terjun Simatutung

Air Terjun Simatutung

Keindahan Air Terjun Simatutung dengan simbol tiga terjunan jika debit airnya dalam keadaan bagus, yang persis masih berada di pinggiran Jalinsum Pantai Barat Tapsel - Madina, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 150 meter, dan terbilang unik dari air terjun lainnya, dari terjunan pertama tidak langsung jatuh ke paling dasar, namun jatuh di bagian tingkat kedua, setelah itu air terjunnya terbagi dua jatuh kebawah, dan airnya jernih dan sejuk.

Lubuk Larangan

Lubuk Larangan

Sedangkan Lubuk Larangan Ikan Jurung yang begitu menawan sebab ribuan ikan Jurung terlihat hidup bebas dialamnya tanpa terganggu dari kepunahan, karena menurut cerita masyarakat setempat ikannya tak boleh diambil sembarangan.

Komentar

Loading...